I Hate Mondayz

09:04 HB Seven 38 Comments

I Hate Mondayz. Sebuah kalimat  populer dikalangan para aktivis yang memulai aktifitasnya kembali di hari Senin setelah dimanjakan dengan libur selama dua hari bagi yang lima hari kerja ataupun yang libur satu hari yang beraktifitas selama enam hari kerja. Jargon tersebut sering muncul di timeline twitter ataupun status para facebooker. Terlalu nyaman kali ya, so ketika harus kembali bekerja zona nyaman itu serasa tercerabut dari wilayahnya. he.eh.he. Meski tidak semua aktivis formal senantiasa mengeluarkan jargon tersebut, alias tetap semangat beraktifitas di hari senin.


Sedang memuat atikel terkait...

38 comments:

Matur nuwun komentaripun....

Simbah Kakung

09:34 HB Seven 17 Comments

Sore itu di beranda rumah dirimu terlihat sedang menikmati senja yang mendung dengan bertemankan segelas teh dan sebatang rokok terselip diantara jari-jarimu rambutmu yang putih tampak menari nari menyambut sapaan sang bayu yang bertiup semilir menerpa wajahmu. Terlihat begitu nyaman dan tenteram dirimu, terlihat dari sorot matamu yang begitu teduh.

Saat kulihat dirimu begitu menikmati senja kala itu ingatanku kembali melayang menuju masa lalu, kala masih kecil dulu. Saat mau tidur dirimu tidak pernah bosan memberikan dongeng sebelum tidur. Beragam dongeng dirimu ceritakan dari dongeng nabi dan rasul, sampai dongeng serial kancil. Meskipun engkau merasa lelah, namun engkau tidak pernah menolak untuk mendongeng sebagai penghantar tidurku. Saat dirimu mendongeng serasa diriku ikut terbawa dalam alur dongeng yang engkau ceritakan. Dirimu dalam merangkai kata-kata untuk menjadi kalimat dongeng begitu menyejukkan hati.


Sedang memuat atikel terkait...

17 comments:

Matur nuwun komentaripun....

Jingking

22:16 HB Seven 18 Comments

Jingking. Kawan blogger dari Yogya atau seputaran Jawa Tengah pasti mengerti dengan kata "jingking". Jingking ini hampir sama dengan jongkok, kalau jingking  bertumpu pada ujung kaki  sedangkan jongkok bertumpuk pada telapak kaki. Dalam budaya Jawa khususnya bagi para pramuladi atau pramusaji jingking ini merupakan ritual wajib saat menyajikan makanan atau minuman. Biasanya ini dilakukan ketika ada suatu acara dimana para tamunya duduk lesehan. . Proses jingking ini adalah suatu proses menyajikan makanan dan minuman terhadap tamu dengan cara berjalan jongkok sambil membawa nampan berisi makanan dan minuman. Bagi yang tidak terbiasa melakukan proses ini akan mengalami kesusahan saat menyajikan makanan dan minuman kepada para tamu, kemungkinan kaki akan mengalami kram.


Sedang memuat atikel terkait...

18 comments:

Matur nuwun komentaripun....

Tim Redaktur Mading

00:03 HB Seven 35 Comments

Tadi siang setelah mengadakan pelatihan komputer, kawan-kawan RISMA mengadakan pertemuan lanjutan mengenai rencana pembuatan mading. Dalam pertemuan kali ini membahas tentang penyusunan tim redaksi mading, penempatan mading,  papan untuk menempelkan hasil karya kawan-kawan, membahas mengenai siapa saja yang berkontribusi untuk mengisi mading yang akan dibuat nanti, durasi penayangan mading, kewajiban pengurus RISMA untuk kontribusi dalam launching perdana mading yang Insya Allah akan dilaunching akhir Maret.


Sedang memuat atikel terkait...

35 comments:

Matur nuwun komentaripun....

Homesick

22:33 HB Seven 26 Comments

Homesick. Kawan-kawan pasti pernah mengalami dengan yang namanya homesick alias kangen dengan kampung halaman saat berada di kota lain baik itu yang satu pulau atau kota di pulau lain di negeri ini. Biasanya ini terjadi ketika bulan-bulan pertama bertempat tinggal di kota yang baru sama sekali kita datangi. Terutama bagi kawan-kawan blogger yang jarang bepergian ke luar kota, sungguh rasa kangen akan kampung halaman pastinya sangat mendera dihati. Namun bagi kawan-kawan blogger yang senang berpetualang kalaupun ada rasa kangen kampung halaman presentasenya sangat minimalis. Kawan-kawan blogger bisa menikmati indahnya kota yang disinggahi ataupun ditinggali, dibandingkan dengan kawan-kawan blogger yang tidak terbiasa berpetualang. 


Sedang memuat atikel terkait...

26 comments:

Matur nuwun komentaripun....

Pulung

11:36 HB Seven 26 Comments

Pulung. Pasti pernah dengar dunk..dengan kata pulung. Pulung kalau pemahaman saya adalah sebuah keberuntungan. Mungkin kawan-kawan blogger bisa lebih tahu makna terdalam dari kata pulung terutama kawan blogger yang tinggal di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Biasanya pulung ini dikaitkan dengan suatu peristiwa tertentu terutama saat pemilihan seorang pemimpin. Untuk pemilihan seorang pemimpin mungkin pulung ini bisa jadi terkait dengan wahyu atau pertanda khusus.bagi calon pemimpin yang akan terpilih nanti. Bisa jadi ada cahaya atau sejenisnya yang tiba di rumah calon pemimpin tersebut, dan hal itu diyakini pastinya akan terpilih menjadi seorang pemimpin. Namun pulung ini bisa juga dikaitkan dengan proses  transaksi jual beli tanah


Sedang memuat atikel terkait...

26 comments:

Matur nuwun komentaripun....

Pelatihan Komputer

15:19 HB Seven 37 Comments

Pelatihan Komputer merupakan salah satu program RISMA di kampung saya yang tengah dilaksanakan. Ide ini muncul secara era sekarang adalah era komputer sehingga RISMA mempunyai gagasan agar para remaja ataupun anak-anak tidak gaptek dalam menggunakan komputer. Sasaran pelatihan ini adalah anak-anak SD khususnya yang sudah kelas lima sampai anak-anak SMA. Adapun yang menjadi tutornya adalah kawan-kawan RISMA sendiri sambil mencoba menerapkan apa yang telah mereka pelajari dan aplikasikan dalam kegiatan yang berkaitan dengan komputer. Tutor ini dilakukan secara bergilir jadi tidak terpaku pada satu atau dua orang tutor. Dengan demikian kawan-kawan RISMA yang lain bisa merasakan menjadi seorang tutor.


Sedang memuat atikel terkait...

37 comments:

Matur nuwun komentaripun....

Mading

00:06 HB Seven 25 Comments

Mading. Pasti ingat dunk..dengan istilah mading. Yups..betuull.. mading..alias majalah dinding.. yaitu suatu media untuk memuat berbagai tulisan. Bagi yang pernah mengalami masa SD, SMP, SMA pastinya pernah denger bahkan bisa jadi menjadi pengurus mading di sekolahnya.  Beragam display mading ditampilkan dengan segala pernak-perniknya sebagai penunjang keindahan mading. Terutama ketika lomba mading antar kelas saat lustrum sekolah atau hari jadi sekolah. Tiap kelas berusaha menampilkan mading kelasnya dengan seelok-eloknya baik dari segi display ataupun isi mading tersebut. Sehingga bisa menjadi kebanggaan tersendiri apabila menang dalam lomba mading antar kelas.


Sedang memuat atikel terkait...

25 comments:

Matur nuwun komentaripun....

Sinar Jingga di Suatu Senja

17:42 HB Seven 15 Comments

Senja telah menghiasi hari
Sang mentari bersiap menuju ke peraduan
Suasana nan syahdu melingkupi senja yang indah ini
Binar-binar cakrawala memendarkan cahaya sang mentari


Sedang memuat atikel terkait...

15 comments:

Matur nuwun komentaripun....

Perempatan Jalan

09:48 HB Seven 22 Comments

Meskipun hanya sebuah perempatan, namun menyimpan segudang persoalan yang membuat dilematis bagi setiap orang kala sedang berhenti di sebuah perempatan jalan. Adakalanya hati terketuk untuk berbuat baik kepada orang lain, namun disatu sisi timbul pertanyaan apakah memang benar apa yang dilakukan itu suatu perbuatan yang benar. Sebuah dilema ketika menjumpai pengemis di sebuah perempatan jalan. Dengan hanya bermodalkan tutup botol yang dipaku pada sebilah kayu ataupun berbekal sebuah gelas plastik mereka beraksi dengan santai.  Tak hanya berbekalkan tutup botol dan gelas plastik, kadang mereka beraksi dengan menggendong anak kecil sebagai alat pekerjaan mereka, entah itu anak mereka punya kandung ataukah hanya sekedar sewa dari persewaan anak *miris* agar rasa empati dan simpati para pengendara terketuk.Tanpa pernah memperdulikan teriknya sang mentari, mereka beraksi mencari sekeping rupiah.


Sedang memuat atikel terkait...

22 comments:

Matur nuwun komentaripun....

Flying without Wings

10:37 HB Seven 27 Comments

Flying without Wings. Sabu-sabu dan sejenisnya kembali meramaikan jaga pemberitaan, meskipun sebelumnya persoalan narkotika merupakan persoalan yang cukup pelik dan rumit. Kasus Arifiyani atau yang terkenal dengan kasus Tugu Tani merupakan awal dari meningkatnya trafik pemberitaan tentang penyalahgunaan narkotika. Setelah terungkap bahwa Arifiyani telah menggunakan sabu-sabu, pihak kepolisian tidak hanya terhenti pada kasus tersebut, melainkan melebarkan penyelidikannya tentang penggunaan narkotika dikalangan para pengguna transportasi. Tidak hanya terbatas pada pengguna transportasi darat tetapi juga transportasi laut, dan udara.


Sedang memuat atikel terkait...

27 comments:

Matur nuwun komentaripun....

Tanpa Ada Penjenguk

09:22 HB Seven 26 Comments

Obrolan cakruk sore hari di pinggiran desa
Bagong: 'blaik kalian pada kemana aja sih, dah tahu sakit kagak ada yang ngejenguk!"

Gareng: "Tenane gong... lha badan gemuk subur, wajah penuh sumringah kok bilang sakit"
Petruk : "Iyo ki, bagong.. mesti pake bohong nih, sehat gitu.. kok loro"
Bagong: " ealaaah.. kalian semua kok ndak percaya tho,... sakitnya ampun-ampun, sampe gulung koming, makan tidak enak, dengar suara keras sedikit penginnya marah, malah kalian kagak percaya"
Petruk : "busyet dah..emang sakit apa sih gong, sampe gulung koming... ndak karu-karuan"
Gareng: "Iyo dab.. ngonyo poho sampeyan?" Pemadnya kumat po..wkkk.wkkw.."
Bagong: "Pemad dengkulmu mlocot... kang, iki lho loro untu, jan tobat-tobat soto babat udah sakitnya nggak ketulungan eh..kagak ada yang negejenguk lagi. kagak ada amplop mampir..lagi..doooh...?
Petruk:"Jiakkakka... oaaaallaaaah...sakit gigi tho.. wwk..wkk.. hora popo gong.. mung loro untu iki.. yen jare meggy z lebih baik sakit gigi daripada sakit hati..wkk..wk.."
Gareng:' he.he.he. podho gong.. kemarin aku juga sakit juga nggak ada yang ngejengukin,"
Bagong: ' Sakit apa kang Gareng kowe kadingaren..iso loro sampeyan"
Gareng: "Sakit Panu....wkkkw..wkkk...
Petruk dan Bagong:'Wong Pemad...!!! "

Nb: Pas sakit tidak ada yang menjenguk yaitu sakit gigi, tato emping alias sakit panu, ada yang lain..monggo...dilanjut.
Alih Bahasa
Pemad: edan
sakit untu: sakit gigi
Loro:sakit

Sedang memuat atikel terkait...

26 comments:

Matur nuwun komentaripun....